Friday, August 3, 2012

Smash Cut (Dramatis) - Sandra Brown

Judul : Smash Cut (Dramatis)
Penulis : Sandra Brown
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Tebal : 568
ISBN : 978-979-22-8136-1
Sinopsis : Smash Cut - Dramatis
Review :
Paul Wheeler adalah seorang jutawan terkenal. Dia seorang penggila kerja yang mendedikasikan dirinya pada pekerjaannya. Sejak kematian istrinya, Paul sangat berduka. Tapi tak lama ia bertemu dengan Julie Rutledge dan tergila-gila padanya. Paul terbunuh ketika ia sedang bersama Julie dan beberapa orang lainnya di dalam lift. Tak ada yang mengira penembakan itu akan terjadi. Setelah ditelusuri, ternyata keponakan Paul, Creighton memiliki hubungan tidak baik dengan Paul. Berbeda dengan ayah dan pamannya yang seorang pekerja keras, Creighton tidak pernah bekerja. Tepatnya, tidak mau. Yang ia gemari hanya menonton tv. Genre kegemarannya adalah pembunuhan. Dan percaya atau tidak, ia mempraktekkannya dalam kehidupan nyata.

Tentu tak ada yang tahu kegilaan Creighton, dengan cerdiknya ia berhasil menutupi semuanya dengan baik dengan menyuap beberapa pasang mata yang melihat maupun yang menyelidiki. Creighton adalah ahli waris Paul. Karena ketidaksukaannya pada pamannya dan ingin segera menjadi ahli waris yang sah, ia membunuh Paul, tepatnya menyuruh orang membunuhnya.

Paul Wheeler mati di dalam lift. Mati karna kekurangan oksigen sewaktu terjebak di dalam lift itu wajar. Tapi tidak dengan mati di dalam lift karena ditembak dengan pistol di area kepala. Pelaku membuatnya terlihat seolah-olah itu adalah perampokan dan orang yang membangkang akan ditembaknya, tapi kenyataannya tidaklah begitu sederhana. Dan Julie Rutledge mati-matian mengatakan bahwa Creighton-lah pembunuhnya. Yang ia tak punya hanyalah bukti.

Derek Mitchell pertama kali bertemu Julie di pesawat. Tanpa mengetahui siapa dia dan apa kasus yang menimpanya, Derek menaruh hati pada Julie. Mereka saling bertegur sapa dan mulai perbincangan. Namun siapa yang menyangka kalau ternyata mereka lebih suka bersama di dalam kamar kecil pesawat daripada sekedar berbincang? :)

Sejak awal kita sudah diberitahu bahwa Creighton-lah orang jahatnya. Namun hanya kita (para pembaca), dan Julie Rutledge yang tahu bahwa dia-lah dalang dibalik kematian Paul. Tapi Derek, pengacara pembela yang awalnya dibayar untuk membela Creighton mulai menyangsikan kebenaran dari perkataan Creighton. Ia memiliki alibi yang kuat, tapi akhirnya Derek menolak membela Creighton dan berbalik membela Julie Rutledge.

Selain memang karena perlu dibela, semua bukti yang ditemukan polisi dan detektif mengarah kepada Julie. Tentunya semuanya sudah dipersiapkan secara matang oleh Creighton. Karena kegilaannya pada film, ia selalu menerapkan tindakannya sesuai dengan film yang ia tonton.

Buku ini memiliki banyak sekali rahasia. Penulis seakan melemparkan potongan-potongan puzzle dan mempersilahkan kita untuk memecahkan misteri itu. Aku sempat beberapa kali berspekulasi tentang satu dan dua hal, tapi tebakanku meleset. Seperti yang kubilang diawal, buku ini memiliki banyak rahasia dan untuk dapat memecahkan rahasia itu, kita harus membacanya hingga akhir cerita.

Dan oh, aku suka sekali dengan chemistry Derek dan Julie. Awalnya mereka tidak saling percaya, namun pada akhirnya mereka saling membela dan saling menguatkan satu sama lain. What a sweet couple and a great team!
"Karena terhitung saat ini, aku adalah pengacara resmi keluarga Wheeler. Karena kau menuduh salah satu dari mereka beberapa kejahatan, yang membuat kita berada dalam posisi berlawanan di mata hukum. Karena sangatlah tidak pantas dan tidak etis bagi kita untuk berduaan. Karena aku mencari-cari alasan untuk datang ke rumahmu malam ini justru supaya kita bisa berduaan."
Rating : 5/5
PS : Buku ini adalah hadiah dari Bless Leaf untuk kelulusanku sebagai sarjana. Thank you so much, Bless :*
Untuk yang belum tahu, Bless Leaf adalah online book shop di facebook. Biasa kalau aku malas ke toko buku, aku melakukan pembelian via online dengan Bless Leaf. Orangnya jujur dan ramah. Buku-buku yang kupesan selalu datang tepat waktu dan dalam kondisi yang baik. Bless Leaf juga selalu menyertakan pembatas buku yang imut-imut untuk para pembelinya. Jika ingin berinteraksi dengannya, bisa kunjungi facebooknya di : Bless Leaf


4 comments:

  1. Wow, full star!! Keren.

    Kayaknya seru nih. Tapi bukannya kalo uda ketauan siapa pembunuhnya dari awal malah ga seru ya? Aku lebih suka nebak2 sendiri siapa pembunuhnya dan apa motifnya

    ReplyDelete
  2. nah justru itu dia gilanya :p
    biasanya slalu kita yang mencari2 sendiri siapa pembunuhnya kan,
    nah ini dari awal kita udah dikasitau pembunuhnya siapa,cuma pembunuhnya licik banget, punya alibi kuat, dan gilanya smuanya dirancang seolah2 si ceweknya yang salah.
    jadinya dibuat penasaran gmana cara mreka membuktikan klo si ce ga salah dan si Creighton itulah pembunuhnya. seru sih^^v

    ReplyDelete
  3. aaaggghhhh..... aku kemarin udah liat-liat buku ini... tapi kupikir biasa aja... ternyata ampe bintang 5 yah....

    ReplyDelete
  4. Putri@harusnya dibeli aja put. klo karya2nya tante Sandra Brown rata2 nggak boleh dilewatkan hehe

    ReplyDelete