Tuesday, November 20, 2012

#kotbahtimeline

Judul : #kotbahtimeline
Penulis : @pergijauh (Abdul Gofar Hilman)
Penerbit : PlotPoint
Tahun : 2012
Tebal : 226hal
ISBN : 9786029481082
Kategori : Humor
Sinopsis :
Jangan ngaku pecinta humor kalau belum punya buku terbaru dari PlotPoint. Buku yang satu ini dijamin bikin kamu nggak garing di bus atau pas denger kotbah Jumat. Bosan sama isi kotbah Jumat yang monoton? Nyaris ketiduran di tengah kotbah? Silahkan baca buku kumpulan tweet #kotbahtimeline oleh Abdul Gofar Hilman yang biasa dikenal dengan nama twitter @pergijauh. Isi tweetnya bermacam-macam, dari sekadar bercanda soal maling sepatu hingga soal toleransi beragama dari mata anak muda. Gak cuma tweet lucu seperti: “Jika Tuhan memberimu ujian, hadapilah. Jangan lupa bawa pensil 2B yang asli.”

Review :

Buku ini adalah hasil kumpulan tweet dari akun @pergijauh - Abdul Gofar Hilman. Dengan hashtag #kotbahtimeline, penulis berusaha untuk mendidik pembaca dengan cara yang cukup menghibur. Saya paling geli dengan foto-foto Benar dan Salah yang ada di setiap akhir babnya. Foto-fotonya super kocak, mulai dari yang normal sampai yang nggak normal, seperti cleopatra, judge Bao, cheerleader,dll. Salut buat penulis yang niat banget dandan dan moke over habis-habisan. Two thumbs up!

Saya juga suka dengan cara penulis yang mengkritik kondisi disekitar dengan cara yang halus, beradab namun kena sasaran. Namun ada kalanya hal-hal yang kita baca tak harus kita ikuti semuanya. Ketika kita membaca, saringlah terlebih dahulu mana kata-kata yang menurutmu benar mana yang menurutmu salah, mana yang baik dan mana yang tidak. 


"Tak berpengaruh jika kau bertato ataupun tidak, karena sesungguhnya setiap orang mempunyai hak yang sama untuk bertemu Tuhan-Nya."

"Bahwasanya di dunia ini tak ada kata benar atau salah, yang ada hanyalah perbedaan sudut pandang."

Kekurangannya terletak pada adanya pengulangan-pengulangan kata yang tidak perlu. Contoh kata : sandal. Kata 'sandal' ini terus menerus diungkit penulis dalam konteks kata yang berbeda namun pengertiannya kurang lebih sama. Tidak mengapa jika pengulangan hanya terjadi sekali, dua kali, tapi karena kata tersebut cukup sering diulang sehingga mengakibatkan efek bosan. Karna saya yakin penulis adalah pribadi yang kreatif, maka pengulangan tersebut adalah hal yang mubazir. Hendaknya bisa diakali dengan kata-kata lain. Sukses selalu!

Rating : 3/5
PS : Buku ini buntelan dari PlotPoint dan mas HTanzil. Terima kasih :)

No comments:

Post a Comment