Wednesday, November 7, 2012

Jun!!!

Judul : Jun!!!
Penulis : Mia Arsjad
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Tebal : 208hal
ISBN : 978-979-22-8760-8
Sinopsis :
Jadi anak baru di SMA itu nggak gampang. Apalagi buat cewek kutu buku kayak Dira. Ujung-ujungnya ya dapat teman kutu buku juga yang hobi nongkrong di perpustakaan. Tapi tiba-tiba di sekolah barunya itu dia melihat sosok yang dikenalnya berjalan keluar dari perpustakaan sambil melepas kacamata. “Jun! Arjuna!” Dira memanggil dengan heboh, tapi kok... ada yang beda dengan sahabatnya itu ya? Dia seperti tidak mengenali Dira dan sikapnya dingin. Dira masih ingat ketika SMP Jun mengajaknya janjian di taman sepulang sekolah, tapi Jun tak pernah muncul, dan malah menghilang tanpa kabar. Dan sekarang, setelah akhirnya mereka bertemu kembali, Dira malah mendengar banyak kabar miring soal Jun. Katanya, sekarang Jun jadi pemimpin cowok-cowok berandalan di sekolah. Dira sendiri bahkan memergoki Jun beberapa kali sedang... tawuran?! Jun benar-benar sudah berubah. Padahal dulu Dira sempat naksir Jun yang kutu buku itu. Kira-kira kenapa ya Jun berubah? Sesuatu pasti terjadi. Dira harus mencari tahu!

Review :

"Sampe kapan pun, orang tawuran itu nggak waras. Orangtua nggak bangga, dikejar-kejar polisi, babak belur pula. Belum lagi kalo mati. Mati konyol!" pg.21


Adalah suatu kegembiraan tersendiri jika mempunyai sahabat-sahabat yang memiliki satu hobi dengan kita. Apalagi kalau hobi itu adalah membaca. Dira, Juna, Mayang, dan Irwan adalah keempat sahabat sekaligus kutu buku dan pecinta movie. Masa SMP mereka begitu menyenangkan. Sayangnya mereka tidak bisa bersama-sama mengulangi masa-masa indah itu di bangku SMA. Semua berpisah, hanya Dira dan Juna yang tetap bersama. Awalnya Dira kira ia akan sedikit terhibur dengan adanya Juna yang masih disisinya. Tapi satu saat, Juna tiba-tiba menghilang tanpa kabar. 

Dira dikenal dengan sifatnya yang sangat ceroboh. Ia baru pindah ke sekolah barunya di Bandung namun sudah entah berapa kali mengalami kecelakaan-kecelakaan kecil. Tasha, kutu buku sekaligus teman baru Dira juga heran dengan kelakuan teman barunya itu. Tapi bagai pinang dibelah dua, jika Dira si tukang ceroboh, maka Tasha adalah si penakut. 

Awalnya Dira menjalani hari-harinya dengan berkutat di perpustakaan, tapi secara tak sengaja ia bertemu dengan seseorang yang ia kenal sejak dulu. Juna! Sayangnya Juna yang sekarang terlihat dingin dan tidak ingin didekati. Dira bingung, bertanya dalam batinnya apabila ia punya salah yang tak ia sadari pada Juna. Dira yang cuek dan ceroboh kaget bukan main ketika tahu bahwa Juna yang dulu hanyalah seorang kutu buku sekarang telah berubah menjadi pentolan sekolah, si ketua geng yang dulunya bertubuh ceking sekarang berotot di bagian-bagian tubuh yang tepat. 

Dira si anak baru tak pelak menjadi sasaran empuk bagi senior-seniornya dan bahkan preman di luar sekolah. Namun, bukan Juna namanya jika ia membiarkan sahabat yang ada di masa lalunya diganggu oleh orang lain.

"Saat Tuhan membuat seseorang dalam posisi sulit, orang itu akan jadi lebih kuat dan semakin menghargai apa yang dia miliki. Misalnya keluarga."pg205

Overall, saya memang selalu suka dengan tulisan Mia Arsjad yang lucu, ringan dan menyenangkan untuk dibaca. Namun demikian, ada dua hal yang terkesan agak rancu bagi saya. Salah satu diantaranya,
yaitu ketika Dira bilang ke mamanya kalau Juna itu sekarang ketua geng di sekolahnya, mamanya tidak menanggapi hal tersebut dan malah meminta Juna untuk menjaga Dira seperti halnya sewaktu mereka masih SMP.
Anyway, saya memberi 4 bintang buat Jun!!! :)

Rating : 4/5

2 comments:

  1. Kayaknya keren, ini buku baru ya? Kemarin ke gramet nggak ada liat buku ini soalnya

    ReplyDelete
  2. Iyah ini buku baru :)
    Gramedia mungkin lagi ada sedikit masalah dalam proses distribusi buku. Kemarin aku nyari buku Judith Mcnaught yang Kingdom of Dreams juga nggak ada2 padahal buku baru :)

    ReplyDelete