Monday, July 2, 2012

Seandainya - Windhy Puspitadewi


Judul : Seandainya
Penulis : Windhy Puspitadewi
Penerbit : Gagas Media
Tahun : 2012
Tebal : 226hal
ISBN : 978-979-780-568-5
Sinopsis : Seandainya
Review :
Jika cinta, ungkapkanlah. Biarkan dia tahu. Biarkan mereka tahu. Cinta yang terpendam itu ibarat segelas tanpa air. Hampa. Kau tak mungkin berharap orang yang kau cintai memiliki kekuatan untuk bisa membaca pikiran orang kan? Even if (s)he has it, you still need to say it out, supaya mereka tahu bahwa mereka dicintai, vice versa. 

"Perbuatan terkadang tidak selalu cukup untuk mewakili perasaan, dalam beberapa hal kamu harus mengatakannya."pg87

Sebuah peristiwa konyol mempertemukan ke4 orang ini, Rizki, Christine, dan kakak beradik Juno dan Arma. Keempat sahabat ini memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Boleh dibilang bagai langit dan bumi. Tapi mungkin itulah yang mereka perlukan, perbedaan.

Mereka pikir mereka lebih tahu. Mereka pikir apa yang menurut mereka baik sudah pasti baik untuk yang lain. Pastikah? Bagiku mereka egois. 

Merendahkan diri, menganggap diri kurang/tidak pantas untuk orang lain, mengapa begitu pesimis? Belum tentu mereka juga beranggapan hal yang sama. 


"Kenapa kamu tidak melakukannya demi dirimu saja dan bukan Juno? Bukankah dengan begitu tekadmu untuk mencapainya akan semakin besar?" pg75

"Semua hal yang berwujud itu akan mati, membusuk dan menghilang bersama tanah..., tapi kenangannya tidak. Hanya kenangan yang tidak akan membusuk dan berlalu bersama waktu... tidak akan pernah. pg.49

Terkadang aku takut. Takut kepada mereka yang dengan mudahnya mengakhiri hidup mereka sendiri.
Wake up, people! Hidup itu bukanlah game yang sering kita mainkan di psp/komputer. Kita manusia juga bukanlah seekor kucing yang memiliki sembilan nyawa. Kita hanya satu nyawa yang harus kita jaga sebaik mungkin. Dan bunuh diri bukanlah sebuah penyelesaian.


Berhentilah memikirkan pendapat orang lain dan mulailah mendengarkan kata hatimu sendiri. Mengutip kata Alitt di bukunya Skripshit "Reality bites, so chew harder." 



NB : Pesan dari penulisnya harus ada plus minus dari novel ini. Okay, I'll try :)
Aku suka cover dan kertasnya. it's so beautiful! Itu tak terbantahkan lagi. 
Isinya. Jangan tanya aku, aku hanya penikmat buku. Bagiku tulisan mba Windhy selalu memberi angin segar tersendiri untukku.
Typo tidak banyak, malah mungkin cuma satu atau dua. Entahlah, aku terlalu asyik membaca. Namun, mataku seketika langsung terkontaminasi dengan typo 3 huruf. Yang seharusnya 'Der' tertulis 'Don'. Setelah dikonfirmasi, ternyata memang benar typo :)
Dan aku mau say thanks a lot ke mba Windhy yang selalu welcome ke pembacanya dan always asks for feedbacks. Bagiku penulis yang baik adalah penulis yang bukan hanya bisa menulis dengan baik tapi juga yang care enough to ask for feedback. 

Rating : 3/5

6 comments:

  1. Kok ada pesan penulisnya Mei???? Berarti ini dapat dari penulis atau penerbitnya yah????

    ReplyDelete
  2. iya put. dari twitter ngmg ma mba Windhy nya. hehe
    ga kok, aku beli sendiri ^^

    ReplyDelete
  3. 3/5 berarti lumayan bagus ya..
    baca ga ya? hehehe

    ReplyDelete
  4. :D :D up to you ;)
    kalau aku si slalu suka tulisannya :)

    ReplyDelete
  5. Wah sejak baca review ini jadi tambah penasaran sm novel kak :DWindhy yg satu ini

    ReplyDelete