Friday, November 16, 2012

Seoul Cinderella


Judul : Seoul Cinderella
Penulis : Lia Indra Andriana
Penerbit : Penerbit Haru
Tahun : 2012
Tebal : 224hal
ISBN : 978-602-98325-8-7
Sinopsis :
Aku memandangi wajah di depanku dan menyadari bahwa ia seorang Cinderella. Seorang Cinderella pasti pandai memasak, kan? Ia menyajikan sebuah masakan, tapi aku tahu ia menghidangkan makanan siap saji yang entah ia beli di mana. Lalu, apa yang ia lakukan berpura-pura menjadi seorang Cinderella? Ah, manusia jadi menarik jika punya rahasia, kan?

Review :
"Kau adalah orang yang suka ikut campur urusan orang. Kau pria paling cerewet di muka bumi. Kau ambisius, perfeksionis, arogan, egois, dan seenaknya sendiri. Kau tidak mau disalahkan ataupun mengakui kesalahanmu. Kau suka menjadi bos atas orang lain, kau juga..."

Nia meninggalkan negeri tercintanya Indonesia untuk bekerja di Korea sebagai seorang TKW. Menjadi seorang pembantu adalah hal baru bagi Nia, ia sendiri bukanlah orang yang berasal dari kalangan bawah. Tapi Nia memiliki problema tersendiri dan akhirnya harus mencari rejeki di negeri ginseng tersebut. Nia yang minim pengalaman terutama dalam hal memasak, akhirnya dipekerjakan oleh satu keluarga yang kebetulan menyukai makanan Indonesia.

Adik majikannya, Hyun Jun mengenal Indonesia, lebih dari yang ia hendaki. Walau Hyun Jun memiliki apartemen sendiri, kakaknya terus memaksa Hyun Jun tinggal dirumahnya. Hyun Jun yang keras kepala tetap bersikeras tinggal di apartemennya. Akhirnya kakaknya menyerah dan menyuruh Nia tinggal dengan Hyun Jun untuk membantunya memasak dan membersihkan rumah,

Tapi...... Nia kan nggak bisa masak....

Aku pribadi kurang suka dengan karakter Nia. Karena dia datang ke Korea bukan dalam rangka kuliah, pertukaran pelajaran, atau jalan-jalan tapi menjadi TKW, seharusnya Nia lebih bisa menyesuaikan diri dengan keadaan disana. Sebaliknya, Nia yang sudah jadi PRT (Pembantu Rumah Tangga) di keluarga Hyun Jun malah bersantai-santai dengan nonton TV di ruang tamu majikannya padahal kerjaannya belum selesai (belum dimulai tepatnya). Selain itu juga sikap Nia yang membohongi majikannya dengan bilang kalau rawon (masakan Indonesia) yang dibelinya adalah hasil buatannya sendiri bagiku bukan smart move. Life is tough memang, apalagi kalau kita kerja di negeri orang. Tapi berbohong dan menipu majikan bukanlah hal yang pantas dilakukan, apalagi jika ingin bertahan lama bekerja disana. 

Celakanya majikannya juga membohongi Nia. Jeez. The score is 1:1 then. Well, membaca buku ini layaknya nonton drama korea dalam versi singkat. Bedanya tidak ada episode 1-16 yang harus dihabiskan, melainkan lembaran halaman yang harus dibaca. Dan aku sangat enjoy membaca buku ini. Walaupun di awal Nia dan Hyun Jun rada nyebelin, tapi setelah mendalami karakter mereka masing-masing, aku bisa mengerti dan mulai menyukai mereka. Keduanya memiliki masa lalu dan cerita hidup yang pahit. Meskipun mereka tidak hidup pada masa itu lagi, sayangnya masa lalu tersebut masih menghantui hidup mereka berdua.

Berawal dari hanya sebatas pembantu dan majikan, Nia dan Hyun Jun mulai menjalin pertemanan, pertemanan yang aneh karena baik Nia dan Hyun Jun bukan pribadi yang penyabar, tapi mereka dapat saling melengkapi satu sama lain.

Seoul Cinderella pertama kali dicetak tahun 2007 dengan cover seperti dibawah ini :
Kemudian direvisi oleh penulis dan disulap covernya menjadi sangat cantik seperti yang terlihat pada gambar paling atas. 

Rating : 3.5/5

No comments:

Post a Comment