Monday, February 6, 2012

Sunshine Becomes You - Ilana Tan


Judul : Sunshine Becomes You
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2012
Tebal : 432hal
ISBN : 978-979-22-7813-2
Sinopsis : 
Awalnya, Alex Hirano lebih memilih jauh-jauh dari gadis itu- malaikat kegelapan yang membuatnya cacat. Kemudian Mia Clark tertawa, dan Alex bertanya-tanya bagaimana ia bisa berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapan. 

Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu membuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. 
Kemudian Alex Hirano tersenyum, dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya.

Review :
"Dan kuharap dia tahu bahwa selama aku masih bernapas, aku akan selalu mencintainya. Sepenuh hatiku. Selamanya." pg.432
Alex Hirano adalah seorang pianis terkenal keturunan Jepang yang menetap di Amerika. Bersama saudara laki-lakinya Ray yang seorang B-Boy, Alex yang sedang uring-uringan pun mengunjungi studio tari tempat Ray mengajar karena penasaran ingin melihat sosok wanita yang mampu membuat seorang Ray yang terkenal tidak sabaran,mau mengajar tari.

Mia Clark, penari kontemporer, lulusan sekolah seni ternama, dan memiliki cita-cita menjadi penari terkenal. Semua orang yang melihat Mia Clark menari akan tahu bahwa Mia punya potensi besar menjadi seorang penari terkenal. Tapi Mia memilih untuk berhenti dari grup tarinya dan memutuskan untuk mengajar disebuah studio tari.

Kejadiannya terjadi begitu cepat. Mia terpeleset karpet tua di studio tari dan menubruk Alex Hirano.
Kejadian yang menyebabkan tangan Alex terkilir hingga Mia mendapatkan julukan 'malaikat kegelapan' dari Alex. Merasa berutang pada Alex karena telah membuatnya tidak bisa bermain piano selama 2 bulan, Mia pun menawarkan diri untuk membantunya mengurusi segala urusan dapur dari mulai masak-memasak hingga membersihkan apartmen Alex setiap harinya.

Alex tidak ingin dekat-dekat dengan 'malaikat kegelapannya' tapi kenapa semua orang termasuk ayah dan ibunya justru merasa Mia Clark adalah orang yang sangat menyenangkan? Walau enggan mengakuinya, Alex tahu bahwa kopi buatan Mia adalah yang terbaik.

"Aku tahu kau merindukanku,Alex Hirano.""Kopimu,Clark. Aku merindukan kopimu.""Sama saja. Kopiku. Aku." "Kalau kau tak bisa hidup tanpa kopiku, berarti kau hampir tak bisa hidup tanpaku." pg.200

Dan Mia juga pandai memasak. Entah sejak kapan Alex merasa bahwa Mia tidaklah begitu menjengkelkan lagi. Tepatnya, kehadiran Mia Clark justru membuatnya hidupnya lebih 'hidup'. Dan baru kali ini seorang Alex Hirano merasa tak berdaya tanpa Clark berada didekatnya. 
"Mungkin kau tidak membutuhkanku. Tapi aku membutuhkanmu." pg.415

One word to describe Alex Hirano : arrogant! But he's the sexy, arrogant bastard LOL

"Kau membuat mereka terpesona."
"Benarkah?" " Padahal aku hanya ingin menawan hati satu orang." pg.402
Tapi si pangeran arrogan ini sudah jauh berubah setelah mengenal Mia, menjadi lebih peka, lebih perhatian dan lebih penyayang.

"Tapi aku tidak bisa menunjukkan kelemahan seperti itu di hadapannya. Dia membutuhkan seseorang yang bisa mendukungnya, seseorang yang bisa membantunya ketika dibutuhkan, yang bisa diandalkannya, seseorang yang bisa meyakinkannya bahwa segalanya akan baik-baik saja." pg.384-385
Setelah membaca respons teman-teman yang sudah terlebih dahulu baca buku ini, saya sudah mengantisipasi bakal ada adegan dimana saya bakal nangis-nangis bombay. Dan dugaan saya benar. I can't help but crying. Somehow, it hurts. My chest hurts. They are meant to be together for God's sake!
I love this book so much and all I can tell you is go buy this book yourself and read it. So you will learn how to love without fear, anxiety, expectations. 

They said,"Experience is the best teacher." Experience don't always come from your own, but you can always travel it through books. It's not yours, but still, you learn something from it. Jadi untuk kesehatan jiwa kita, terutama yang sedang galau dan yang suka galau, buku ini bisa membuat kalian lebih galau lagi. Bedanya permasalahan disini semua punya penyelesaian =) Well, semoga gak terjadi penggalauan massal ya sehabis baca buku ini. Enjoy \mm/


10 comments:

  1. Aaaw... co cwiiit...
    Setipe sama Autumn in Paris ya?

    ReplyDelete
  2. Ini ibarat Autumn in Paris versi senior. Lebih matang, lebih menyentuh, lebih dewasa =D

    ReplyDelete
  3. awwwwwww. keren nich kayannya belum baca...

    ReplyDelete
  4. nyesek banget baca buku ini :'< jdi keinget lgi abs baca review ini.. huhuhu :'<

    ReplyDelete
  5. hem... resensi cc bikin cenat cenut.. heheh

    xoxo
    http://fuschia-life.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. @Devi
    uda ada digramed loh,ayo dibaca =)

    @Stef
    nyesek bacanya Stef T_T

    dd@hehe.dasar.Alex Hirano nya yg bikin cenat-cenut :D

    ReplyDelete
  7. Alex sumpah nyebelin banget awalnya ya Mei, hehehe.

    Aku lebih suka Autumn ketimbang ini, aak belum buat review, ntar deh kalo dah kelar Mei dimention.

    Btw foto yang di postingan ini pas banget, terasa aura lope lopenya :p

    ReplyDelete
  8. wah asik \m/ jgn lupa mention aku mba Mia hehe.
    yg jelas dua2nya buat nyesek mba.hhe.

    iyah sengaja pilih gambar yg mirip critanya biar makin dpt feelnya hehe =p

    ReplyDelete
  9. aaa ini novel paling keren dari Ilana Tan. Kasian ya alex ya, ditinggal mati Mia. U,u

    ReplyDelete
  10. iya, the best of the bestnya.
    tapi novel 4musimnya juga keren :) :)

    ReplyDelete