Monday, December 31, 2012

Book Kaleidoscope 2012 - Top Five Most Favorite Books


Book Kaleidoscope terakhir untuk tahun 2012 yang dihost oleh mbak Fanda (Book Kaleidoscope 2012) ini adalah Top Five Most Favorite Books. Rasanya tidak begitu sulit untuk menentukkan lima buku yang menjadi favorit bacaanku tahun ini. Kelima buku tersebut adalah~~

5. Twivortiare - Ika Natassa
Twitvortiare adalah buku kedua dari seri Divortiare yang ditulis oleh Ika Natassa. Sejak awal membaca buku pertama aku sudah suka dengan karakter Beno (ketika menulis ini aku baru teringat kenapa nggak masukin Beno ke list Top Five Most Favorite Boyfriends yah ;__; sobs) Tapi ya sudahlah, toh Beno kan selalu dihati :) Anyway, buku ini adalah kumpulan tweet-tweetnya Alex (istri Beno - yang ditulis oleh Ika Natassa) dan disusun menjadi sebuah buku, yaitu Twivortiare. Awalnya aku takut bakal merasa bosan dengan hanya membaca tweet-tweet tersebut, tapi ternyata tweet Alex yang ditulis oleh Ika Natassa sama sekali tidak membosankan. Justru sebaliknya, isi tweetnya sangat menghibur. Kebanyakan berisi kehidupan kerja, percintaan dan pertengkarannya dengan Beno, curhatannya ke sahabatnya, dll. (Not to mention di buku ini kita bisa melihat sisi lain dari Beno yang belum ada di buku pertama) Totally worth it beli buku ini walau dengan harga yang relatif mahal =)

Buku ini salah satu bacaan favoritku tahun ini. Tidak seperti YA yang lain, karakter di buku ini tidaklah sempurna. Akan tetapi, bagiku ketidaksempurnaan karakternyalah yang membuat buku ini memjadi sempurna dan indah. Echo memiliki cacat ditangan yang membuatnya menjadi minder dan mengucilkan diri dari teman-temannya, sedangkan Noah teman sekelas Echo adalah seorang remaja yang sedang memperjuangkan hak asuh atas adik-adiknya yang sekarang berada dalam asuhan orang asing. Bukan hanya jalan ceritanya yang aku suka, tetapi juga bagaimana Echo dan Noah saling mendukung satu sama lain dalam setiap kesempatan. 



Kali ini Mitch Albom kembali dengan karya terbarunya The Time Keeper. Pertama-tama saya harus acungi jempol ke Gramedia dan penerjemahnya Tanti Lesmana yang dengan sigap menerjemahkan buku ini :) 
Seperti biasanya, karya Mitch Albom tak pernah mengecewakan. Lewat tulisannya, para pembaca diajak mengarungi waktu. Waktu yang selalu berjalan maju, dan tidak pernah berputar mundur. Tapi kali ini, Albom membuat kita melihat masa depan. Masa depan yang menunjukkan apa saja efek-efek dari tindakan yang kita lakukan di masa kini, dll. Buku wajib untuk dibaca =) 


2. Nineteen Minutes - Jodi Picoult

Buku ini adalah buku yang bersejarah buatku. Jodi Picoult adalah seorang penulis yang mengangkat isu-isu yang sering dilupakan oleh kebanyakan orang. Hal-hal yang mungkin kedengarannya sepele tapi bisa berdampak besar bagi si korban. Seperti Nineteen Minutes yang bertemakan bullying. Peter, seorang remaja yang dibully sejak ia kecil hingga dewasa memutuskan untuk mengakhiri penindasan atas dirinya dengan cara menembak mati guru serta siswa-siswa yang membully-nya selama ini disekolah.

Aku bisa tertarik untuk membaca buku ini atas berkat review mbak Mia Prasetya. Setelah membaca reviewnya, aku memutuskan untuk membacanya juga. Terang saja buku ini langsung membuatku menangis karena isi ceritanya yang begitu miris. Ketidakpekaan orangtua, keisengan teman-teman Peter sewaktu SD dan berlangsung hingga ia dewasa,dll membuat Peter hidup dalam kesendirian. 

Nineteen Minutes membuatku menangis tetapi juga tersenyum bahagia karena buku inilah yang membawaku hingga ke meja sidang dan lulus dengan nilai yang baik. ;)



1. Seri Lux - Jennifer L.Armentrout
(Obsidian #1 & Onxy #2)

Untuk seri ini, I won't say much because I've already said too much on my reviews of why I gave 5 stars on these books :D Yang belum baca seri ini, please include this series on your reading challenge 2013 :) You won't regret it.






Book Kaleidoscope 2012 :

- Top Five Book Boyfriends
- Top Five Best Book Covers, dan
-  Top Five Most Favorite Books

1 comment:

  1. Hadooh belum kesampean baca Pushing the Limits. Masih tunggu paperbacknya keluar. Ehehe..

    ReplyDelete