Friday, November 11, 2011

#119 1000 Musim Mengejar Bintang




status : read on November 8th to 11th 2011
Title : 1000 Musim Mengejar Bintang
Author : Charon
My Review :

Fase Pertama :
1000 Musim Mengejar Bintang. Bintang kah nama pemeran wanitanya? Bukan. Namanya Laura. Laura yang hanya murid biasa disekolahnya, gak populer, gak dikenal dan gak pintar. Laura hidup berdua dengan mamanya, Segala isi hati Laura pun ia curahkan ke mamanya, karena hanya beliau lah satu-satunya orang yang Laura miliki di dunia ini. Laura yang pendiam hanya menjalankan aktivitas sehari-harinya disekolah dan memasak untuk mamanya dirumah. Hidupnya yang selalu monoton akhirnya berubaha ketika dia bertemu dengan Niko. Peristiwa kecil yang membuat Laura memiliki tujuan hidup. Hanya satu, yaitu bisa berkenalan dengan Niko.

Laura yang hanya seorang gadis kampung menjadi minder ketika mengetahui Niko sudah memiliki pacar yang cantik bernama Erika dan mereka sudah saling mengenal sejak kecil. Namun itu tidak lantas membuat Laura berkecil hati. Walau Laura tidak mempunyai keberanian untuk menyapa Niko, tapi dia bertekad untuk bisa  sekelas dengan Niko, Laura yang hanya "pelajar dengan otak pas-pasan" pun belajar gila-gilaan untuk bisa masuk jurusan IPA dan berharap bisa satu kelas dengan pujaan hatinya. Dia berhasil! Jurusan IPA pun diraihnya, tapi tidak dengan harapan untuk bisa sekelas dengan Niko.

Maka ia harus menanti setahun lagi, sekali lagi dia belajar mati-matian demi mewujudkan harapannya. Kali ini, Tuhan mendengar doanya. Walau sudah sekelas dengan Niko,Laura sama sekali tidak berani untuk memulai percakapan dengannya. Ketika Niko sudah mengenalnya dan bahkan berbagi rahasia yang tak pernah ia katakan sebelumnya kepada siapapun bahkan kepada Erika sekalipun. Niko memiliki mimpi yang berbeda dengan orangtuanya. Haruskah dia menuruti perintah orangtuanya untuk menjadi orang dokter atau sanggupkah dia mengejar cita-cita dan mimpinya sendiri?

Erika yang cemburu melihat kedekatan Laura dan Niko pun berupaya memisahkan mereka dengan segala cara busuknya. And it succeed. Jealousy is much worse than a poison.
Niko memutuskan pertemanannya dengan Laura.
Setelah kelulusan, mama Laura mendapatkan pekerjaan dikota lain, dan mereka pun pindah kota.
Sebelum meninggalkan kota yang memberikan begitu banyak arti padanya, Laura pun berusaha untuk mewujudkan mimpi seseorang.

Fase Kedua
Laura dan Niko menjalani kehidupan mereka masing-masing. Dengan pantang menyerah, manis pahitnya kehidupan pun mereka cicipi. Cercaan dan sindiran-sindiran pun mereka terima dengan lapang dada. Justru itu membuat mereka menjadi lebih berhasrat untuk membuktikan bahwa mereka mampu melakukannya.

Fase Ketiga 
Hard work bring its own rewards. Baik Laura maupun Niko telah berhasil mewujudkan cita-cita mereka. Semua bisa mereka raih, tapi hanya satu yang masih belum mendapatkan jawaban. "Hati mereka."
Ketika mengetahui bahwa Laura yang mewujudkan mimpinya, Niko tidak bisa barang sedetik pun melupakan kenangan akan dirinya. Laura yang walaupun telah sakit hati karena ucapan Niko pun tak bisa melupakannya.


Fase Keempat
Laura bertemu keluarga yang selama ia kira tak pernah ada. Niko kembali ke Indonesia dengan harapan akan bertemu lagi dengan Laura.

Fase Kelima
Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Tapi manusia bisa membuat semuanya menjadi sempurna ketika mereka saling mencintai dengan hati yang tulus.

Favorite words :
"Berhentilah mengejar mimpi ayahmu. Kejarlah mimpimu sendiri."
Di buku ini, kita akan belajar untuk mengejar mimpi kita sendiri. Orangtua kita mungkin sudah mempunyai keinginan untuk menjadikan kita sebagai dokter, Pegawai negeri, tentara,dll, tapi yang harus kita ingat adalah, semua itu adalah mimpi mereka. bukan mimpi kita. Mereka ingin kita menjadi dokter, tapi keinginan kita adalah untuk menjadi seorang presenter. Yang harus kita lakukan adalah menyakinkan mereka betapa kita berhasrat untuk mewujudkan mimpi kita dan kita butuh dukungan mereka. 


"Kenapa sebegitu mudahnya kau memaafkanku?"
"Karena kau keluargaku. Keluarga saling memaafkan. Tanpa syarat."
Aku percaya bahwa keluarga adalah mereka-mereka yang masih akan (dan akan selalu) menerimamu bahkan ketika dunia menolakmu. Temanmu membencimu? Pacarmu memutuskan hubungan denganmu? No worries. Your family will stand up for you. Percecokan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari, kita manusia yang memiliki ego yang tinggi, tapi walaupun dengan adanya adu-mulut tsb, keluarga akan selalu ada. bahkan ketika kita tidak memintanya. Mereka akan selalu ada. 


I recommend this book to all Indonesian readers. All is written perfectly and it's like a whole package that you can read and won't feel regret about it.

Besides the way the author teaches you how to fight for your love and your family,what I get from this book is
to pursue your dreams. Coz you only have a chance once in a lifetime, take it and you might be happy/sad with your decision. It's a risk actually, but if it's about your dreams, i think it's worth to fight. If you failed, well, at least you've tried. It's better than do nothing. 

4 comments:

  1. Hi
    Saya benar2 tersentuh dengan reviewnya.
    Thank you for reading

    Cheers,
    Charon
    charon_2519@yahoo.com

    ReplyDelete
  2. halo mba Charon. Wahh terharu nih dikomen langsung ma mba :)
    Makasi ya mba uda disempatin baca reviewnya hehe
    oyah mba, novel ini ga dibuat sekuelnya?

    Kalo Laura ma Niko uda bahagia, kan Luki belum.hehe
    pengen ada cerita tentang percintaan Luki jg nih^^

    ReplyDelete
  3. baca review kamu, jd pengen baca bukunyaaa. :)
    nice review btw mei :)

    ReplyDelete
  4. ayo dibaca mer :d
    kalo biasa fokusnya ke satu waktu aja, misalnya kayak kuliah ya kuliah aja, kalo sekolah ya sekolah aja, kalo buku ini agak unik karena diceritakan sejak jaman sma sampe kerja dan berhasil jadi orang :)

    whole packages were packed beautifully by the author :)

    thanks sayang ({})

    ReplyDelete