Sunday, May 10, 2015

In a Blue Moon - Ilana Tan


Judul : In a Blue Moon
Penulis : Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2015
Tebal : 320hal
Sinopsis : In a Blue Moon
Review : 

"Kau mungkin tidak sempurna, tapi kau sempurna untukku." - Lucas Ford.

Dan akupun meleleh~~ Kalau aku jadi Sophie, mungkin aku akan langsung berkata," Nikahi adek bangggg~~ Adek siap jadi bini abanggg~~ but well, Sophie tentu tidak akan bersikap seperti itu :D

Cerita ini digambarkan dengan begitu baik oleh Ilana Tan. Aku tak pernah sekalipun ragu dengan penulis satu ini. Singkatnya Sophie punya masa lalu buruk karena Lucas Ford. Ketika dewasa, mereka kembali dipertemukan dan bahkan diisyaratkan untuk bertunangan. Sophie membencinya. Lucas yang sadar akan hal itu pun berusaha untuk memperbaiki kesalahannya di masa lalu dan berupaya untuk memenangkan hati Sophie. 

"Dengar, anak laki - laki yang dulu membuat hidupmu susah memang aku. Tapi orang yang tadi kau lihat di dalam sana itu juga aku. Manusia bisa berubah, Sophie." hal 79

Bukan hanya Sophie yang tersentak mendengar pernyataan itu, tapi aku juga. Ya, seiring dengan berjalannya waktu, setiap orang pasti berubah. Entah itu berubah dari positif menjadi negatif, atau berubah dari yang baik menjadi lebih baik lagi. Dari sudut pandang Sophie, Lucas digambarkan sebagai lelaki penakut yang lebih memilih untuk menyelamatkan diri sendiri dengan cara ikut membully orang - orang disekitarnya. Akan tetapi seiring dengan berlalunya waktu, Lucas berubah menjadi sosok yang independen, ramah, dan penyayang. 

Ia mungkin melakukan kesalahan di masa lalu, tapi dia hadir di masa kini untuk memperbaiki semuanya. Well, siapa yang tidak pernah melakukan kesalahan? Ketika kau salah dan kau tahu kesalahanmu dan berniat memperbaiki semuanya, kau sudah satu langkah lebih baik dari dirimu yang sebelumnya. 

Ilana Tan sukses menciptakan tokoh Lucas. Bagiku pribadi, ia tipe pria idaman setiap wanita. Gimana nggak? Dia bisa masak, punya restoran sendiri, tampan dan menarik. Semua wanita pasti mendambakan sosok seperti itu. Hanya saja terkadang muncul keinginan kecil untuk menyentil telinga Lucas untuk menyadarkannya bahwa sebagai seorang laki - laki, ia harus lebih tegas.  

Salah satu yang aku suka dari hubungan benci namun cinta ini adalah romancenya yang pas dan tidak berlebihan . Hubungan ini terasa dewasa, matang, dan keduanya saling percaya. Aku rasa itu yang paling penting dalam suatu hubungan. Lucas tampan, tapi sifatnya yang membuatku lebih dari sekedar suka kepadaya. 

Untuk tema, alur dan setting, aku tidak terlalu ingin membahasnya. Bagiku semuanya tidak lagi menjadi soal jika penulis mampu menciptakan tokoh yang baik dan cerita yang menakjubkan. Aku tipe orang yang susah move on dari buku bagus. Walaupun sudah selesai membacanya, aku akan terus membicarakannya sepanjang waktu. Buku ini salah satunya. :)

Bintang : 
5 dari 5

No comments:

Post a Comment