Monday, March 4, 2013

Harry Potter Dan Kamar Rahasia


Judul : Harry Potter Dan Kamar Rahasia
Judul Asli : Harry Potter and The Chamber of Secret
Penulis : J.K.Rowling
Series : Harry Potter #2
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun : 2000
Tebal : 432hal
ISBN : 979-655-852-1
Sinopsis :
HARRY POTTER sudah tidak tahan lagi melewati liburan musim panas bersama keluarga Dursley yang menyebalkan, dan dia ingin sekali bisa segera kembali ke Sekolah Sihir Hogwarts. Tetapi tiba-tiba muncul makhluk aneh bernama Dobby, yang melarangnya kembali ke sana. Malapetaka akan menimpa Harry kalau dia berani kembali ke Hogwarts. Dan malapetaka betul-betul terjadi. Karena pada tahun keduanya di Hogwarts muncul siksaan dan penderitaan baru, dalam wujud guru baru sok bernama Gilderoy Lockhart, hantu bernama Myrtle Merana yang menghantui toilet anak perempuan, dan perhatian tak diinginkan dari adik Ron Weasley Ginny. Tetapi semua itu cuma gangguan kecil dibandingkan dengan bencana besar yang kemudian melanda sekolah: Ada yang mengubah murid-murid Hogwarts menjadi batu. Mungkinkah pelakunya Draco Malfoy yang jahat, pesaing utama Harry? Mungkinkah dia Hagrid, yang riwayat masa lalunya akhirnya terbongkat? Atau, mungkinkah pelakunya anak yang paling dicurigai semua orang di Hogwarts... yakni Harry Potter sendiri???

Review :

Harry Potter dan Kamar Rahasia memunculkan karakter baru seperti Professor Lockhart, Dobby, Ginny, adik Ron yang diceritakan sekilas di buku pertama dan yang paling utama Tom Riddle a.k.a Lord Voldemort. Seperti biasa, Harry Potter serta Ron dan Hermione adalah murid Griffindor yang berani dan tak jarang melanggar peraturan demi mencari tahu dan membela kebenaran. Kali ini ada sebuah misteri dimana secara mengejutkan Kamar Rahasia yang tak pernah diketahui letaknya telah dibuka oleh seseorang. Bukan hanya itu, Kamar Rahasia tersebut hanyalah bisa dibuka oleh pewaris Slytherin. Harry serta kedua sahabatnya mencurigai Draco Malfoy sebagai pewaris Slytherin tapi semua orang malah mencurigai Harry Potter karena diam-diam Harry memiliki kemampuan berbicara parseltongue (bahasa ular), bakat mengerikan yang hanya bisa dimiliki oleh pewaris Slytherin. 

Siapa saja yang membaca buku Harry Potter dan Kamar Rahasia ini akan tahu bahwa Professor Lockhart adalah seorang pembual. Dia salah satu karakter yang paling tidak kusukai. Bergaya narsis, merasa dirinya paling hebat, dll padahal dia tidak memiliki satu kehebatan pun yang bisa dipamerkannya kecuali cerita-cerita dari kumpulan bukunya yang hanyalah bualan belaka. Ron dan Harry menyadari bahwa Professor Lockhart sama sekali tidak bisa sihir tapi Hermione yang sering dielu-elukan oleh para guru karena kepintarannya seakan tersihir oleh cerita-cerita Lockhart dan selalu membelanya di depan Harry dan Ron dalam setiap kesempatan.

Buku ke-2 ini cukup seru seperti buku sebelumnya. Banyak misteri yang mengundang tanda tanya dan banyak pula cerita yang cukup mengejutkan. Harry sendiri untuk dapat kembali ke Hogwarts setelah selesai liburan adalah cukup sulit. Dobby, bermaksud menahan Harry di dunia muggle untuk selamanya karena menurut Dobby, si peri rumah, Harry Potter akan berada dalam bahaya jika ia kembali ke Hogwarts. Namun, misi penyelamatan Dobby terhadap Harry Potter justru membawa kemalangan tersendiri buat Harry. Singkat kata, you are not so helping, Dobby.

Overall, membaca ulang buku ini seperti mengulang masa lalu yang indah. I will always love the super intense yet exciting adventure of those trio, Harry - Ron - Hermione.

Rating : 4/5

2 comments:

  1. paling seru pas dobby dapat kaos kaki itu :D

    ReplyDelete
  2. pengen getokin Dobby awalnya, tapi he's too cute akhirnya jadi malah gemes~

    ReplyDelete