Saturday, February 1, 2014

Snow White and The Huntsman - Lily Blake + Secret Santa



Judul : Snow White and The Huntsman
Penulis : Lily Blake, Penerjemah : Dina Begum
Penerbit : Noura Books
Tahun : 2012
Tebal : 247hal
Sinopsis : Snow White and The Huntsman via goodreads
Review :

Cerita ini tentang Snow White. Tak banyak yang diceritakan ketika ia masih kecil kecuali ayahnya yang menikah dengan seorang wanita muda bernama Ravenna yang ia temukan sebagai sandera dalam suatu peperangan. Ravenna begitu cantik dan terlihat sangat keibuan sehingga Raja meminangnya untuk menjadi istri sekaligus ibu bagi Snow White.

Namun di hari pernikahan mereka, Ravenna malah membunuh sang Raja dan mengambil ahli kerajaan. Alih - alih dibunuh, Ravena memenjarakan Snow White demi kepentingannya sendiri. Kalau dari segi pandanganku, sebenarnya lebih asyik menelusuri karakter Ravenna daripada Snow White. 

Sebenarnya kalau Ravenna tidak tamak, dia tentu sudah bisa bahagia bersama sang Raja. Toh Raja tulus mencintainya. Tapi ya pada dasarnya manusia, selalu merasa tidak cukup, dan tidak puas akan hal yang mereka miliki, maka Ravenna pun tak pernah merasa puas dengan kecantikannya. Ia tak mau menjadi tua, tak ingin merasakan yang namanya memiliki keriput dan rambut yang memutih. Kejahatan Ravenna tak berhenti meskipun ia telah menguasai kerajaan sang Raja. Untuk menjadi tetap cantik dan muda, ia harus menyerap jiwa muda para gadis di desa. Namun, dari setiap sihir yang digunakan akan selalu ada harga yang harus ia bayar. 

“Sihir menuntut imbalan besar.” “Dan imbalannya semakin besar saja.”

Cerita ini bukan hanya sekedar tentang Ratu Ravenna yang jahat dan Snow White yang malang. Ada beberapa peran pendukung seperti Finn, adik Ravenna, para kurcaci yang siap membela Snow White, juga Pemburu bernama Eric yang tidak bersemangat semenjak istrinya terbunuh, dan pangeran William, teman masa kecil Snow White. Cerita ini lebih  mengarah kepada petualangan Snow White dalam mengubah nasibnya beserta klannya. 

Secara keseluruhan ceritanya ringan dan mudah dimengerti. Akan tetapi ada beberapa hal yang bagiku pribadi terasa janggal. Misalnya ketika Snow White yang dikurung selama sepuluh tahun keluar dari penjara, kok perasaannya biasa - biasa saja ya? Biasanya ketika orang terkurung lama di penjara, setelah keluar tentu banyak hal yang berubah dan orang tersebut biasanya mencoba memahami perubahan - perubahan tersebut dan itu tidak terjadi pada cerita Snow White ini. Selain itu, ceritanya diakhiri tanpa banyak arti, ibarat masakan yang dimasak tanpa dibubui bumbu penyedap.

Well, setelah membaca dan menonton filmnya, seingat saya tidak ada banyak perubahan yang terjadi.  Kali ini, buku dan filmnya bisa dikatakan sama - sama menarik. Hanya saja masih terpikir olehku kenapa harus Kristen Stewart yang memerankan karakter Snow White ya? #abaikan

Untuk Secret Santa yang sudah menunggu beberapa hari ini untuk posting review saya, saya ucapkan beribu - ribu maaf karena harus membuatmu menunggu. Seharusnya saya membaca buku lebih awal dari hari yang sudah dijadwalkan. Karena secara tak terduga, tanggal 30 saya masih harus kerja full-time, pulangnya langsung merayakan 30meh bersama keluarga dan tanggal 31 pagi sudah harus ke gereja dan mengunjungi keluarga saudara - saudara yang ada di Medan setelahnya. Mohon maaf ya Santaku yang baik hati.

Sebelumnya Santaku lupa menyelipkan riddle pada paket buku yang ia kirim. Saya sempat heran sejenak, apa yang harus saya tebak ya? Selang beberapa waktu, lewat pm di twitter, mbak Mia menyampaikan riddle dari Santa yaitu : love me or lose me, all in or nothing. 

Untuk siapa Santaku yang sebenarnya, aku menebak beliau adalah Sandra Cattelya (blog : http://pagebypage-sc.blogspot.com/) Kenapa? Tidak ada alasan sebenarnya (dan masih belum nemu sampai saat ini), hanya pure menebak. Dan tak jarang tebakan saya selalu meleset. Benar - benar nggak keren saya ini -.- #kemudiankenaketoksanta

Santaku, siapa pun engkau, tunjukkanlah dirimu yang sebenarnya :) 

10 comments:

  1. sandra sih santa nya linda mei.. hihi

    ReplyDelete
  2. kira-kira siapa yah Santanya..? Ayo.. ngaku... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. santaku belum baca kayaknya hehehe

      Delete
  3. aaaaah aku bukan santamu mei ;D
    kok santa mei yang sebenernya belum ngaku? hayohayoo~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi maap mbak >.<
      aku main feeling soalnya hwahahaha.
      rupanya salah hehe.

      Delete
  4. Hi OceMei, review bukunya bagus.

    Dari kemarin udah q baca kok, cmn nunggu waktu yang pas buat membuka kedok santa :)
    anyway kemarin pas ngirim bukunya terlalu excited jadinya lupa ngirim riddlenya.
    Semoga bukunya menarik buat kamu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia santaku :)
      kayaknya kita belum kenal ya, sebelumnya salam kenal dulu :)
      sebenarnya pada awalnya aku menebak kalau yang ngirim itu laki2, trus tb2 berubah haluan.

      trus kalo riddle love me or lose me, all in or nothing maksudnya apa ya? :)

      Delete
    2. ini dia santaku :)
      kayaknya kita belum kenal ya, sebelumnya salam kenal dulu :)
      sebenarnya pada awalnya aku menebak kalau yang ngirim itu laki2, trus tb2 berubah haluan.

      trus kalo riddle love me or lose me, all in or nothing maksudnya apa ya? :)

      Delete
    3. Salam kenal juga.
      itu riddle nya tagline Adidas buat Piala Dunia 2014, Aku jg senang bola makanya, ngasih ttg itu.
      Pas akhir tahun lalu, di blog bukannya top 10 book, aku bikin TopXI supaya kayak sepakbola gitu :P

      Anyway gpp kok baru dipost belakangan. aku juga lagi ngejar baca buku dari SS aku (mbak Ana, blog bukunyasapi)

      Delete