Saturday, February 8, 2014

Andai Kau Tahu - Dahlian


Judul : Andai Kau Tahu
Penulis : Dahlia
Penerbit : GagasMedia
Tahun : 2013
Tebal : 366hal
Sinopsis : Andai Kau Tahu
Review :

Tania tipe wanita yang diperlakukan bak princess, pantang menerima penolakan dan manjanya minta ampun. Mamanya meninggal saat usianya masih remaja. Dan karena sibuk dengan pekerjaannya dirumah sakit ayahnya pun jarang berada dirumah menemaninya. Alhasil, Tania hidup bebas tanpa ada yang mengatur. Sudah lama hidup bebas, tiba - tiba ayah Tania mau menjodohkannya dengan anak sahabatnya. Tania yang tak suka langsung memilih kabur dari rumah. Di tengah kerisauan hatinya, ia pun terjebak diantara dua lelaki yang dicintainya Hendrik dan yang dibencinya Reza. 

Membaca buku ini membuatku gemas sendiri terhadap Tania. Ingin rasanya mencubitnya keras - keras  biar dia sadar siapa yang benar - benar mencintainya dan siapa yang hanya memanfaatkan dirinya. Terkadang, cinta yang berlebihan terhadap seseorang membuat kita lupa bahwa kita masih punya harga diri yang harus dijaga. 

About Reza,,,

"Aku juga pengin ngajak kamu keluar malam ini."
"Kemana"
"Ada deh."
"Aku pengin membaca saja di rumah."

Ya Tuhan, cari dimana laki-laki seperti Reza ini, lebih suka membaca daripada keluar ke mall, koleksi buku dan punya rak yang dipenuhi buku - buku. Reza ini cukup imut sebenarnya. Jarang - jarang ada laki - laki yang nggak biasa ke klub malam dan malah bilang kalau klub malam itu membahayakan kesehatan. He is indeed one in a million. 

Sebenarnya Tania dan Reza itu bak ying dan yang. Gimana nggak coba? Tania termasuk wanita yang jorok, sedangkan Reza sangat gila kebersihan, Tania suka shopping segala baju, beda dengan Reza yang hanya punya baju hitam, putih dan biru, belum lagi Tania yang sangat suka ke klub malam, sementara Reza lebih memilih dirumah membaca buku. Tapi surprisingly, mereka cocok satu sama lain. Walau sering adu mulut, Reza dan Tania yang sama - sama keras kepala bisa saling mengalah. 

"Laki - laki menyebalkan ini, adalah laki - laki yang paling mencintaimu."

Secara keseluruhan buku ini cukup membawa angin segar buatku. Seperti biasa Dahlian pandai merangkai kata - kata, alur ceritanya memang mudah ditebak tapi tidak berbelit - belit. Satu - satunya alasan kenapa buku ini tidak mendapakan bintang 5, yang by the way bersifat subjektif yaitu saya merasa sedikit geli ketika Reza memanggil Tania dengan sebutan My Precious. Otak saya langsung otomatis tergambarkan wajah Gollum, dari The Ring series. Sebutan itu cukup sering juga disebutkan jadi mau tidak mau saya kepikiran Gollum terus selama membaca buku ini. It's weird but kinda fun though :) 

3 comments:

  1. Sayangnya novel ini bahasanya terllau frontal ya :D

    ReplyDelete
  2. ngakak gara2 gollum juga terseret di kehidupannya Reza & Tania... hahahhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. my precioussss~~ tadinya mau pake gambar si gollum tapi ntar makin membuyarkan imajinasiku aja sama reza n tania :p :p

      Delete